5 Kelebihan Plafon UPVC

Halo semuanya bagaimana kabarnya semoga selalu di lindungi oleh Allah SWT, Baik di edisi kali ini ArsitekHijau akan membagikan informasi seputar plafon, nah di edisi sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan plafon gypsum dan GRC, untuk kali ini aku mau kasih penjelasan tentang UPVC bahan dasar sampai dengan manfaat dan kelebihannya untuk di gunakan sebagai plafon rumah anda.

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang UPVC alangkah lebih baiknya kita pahami dulu apa itu UPVC sendiri

UPVC ( Unplasticised Polyvinyl Chloride)

Berbeda dengan material PVC , material ini sudah diolah kembali untuk menghilangkan sifat plastis nya , sehingga menjadi keras, kokoh, tahan terhadap api, tergantung pada bahan pencampurnya. Bahkan ada UPVC yang mendapat predikat greenline yang arti nya material ini dapat diurai oleh bumi sehingga aman bagi bumi.

Material inilah yang biasa digunakan di dunia pembangunan , seperti kusen pintu dan jendela, switch untuk lampu,dll karena fungsi nya yang sangat baik. Oleh karena itu harga material ini lebih mahal dibanding PVC. Sebagai contoh , jika pada umum nya kita mengenal pintu PVC sebagai pintu kamar mandi , pintu dengan bahan UPVC biasanya digunakan sebagai pintu utama, pintu kamar di hotel – hotel maupun perumahan mewah.

Nah itu dia seputar Material UPVC namun di pembahasan kali ini aku akan bahas tentang kegunaan UPVC sebagai plafon.
Faktanya Plafon UPVC ini jauh lebih baik di banding dengan bahan material lainnya seperti gypsum, triplek, atau fiber semen. Perlu anda ketahui bahwa UPVC ini adalah hasil penyempurnaan dari PVC dimana memiliki ketahanan yg sangat kuat dengan bahan yg keras dan menghilangkan unsur plastik di dalamnya.

Berikut ini Kelebihan Plafon UPVC

1. Natural dan Mewah

Untuk memperoleh tampilan yang mewah, tentunya produk material tersebut harus terlihat natural. Teknologi hot stamping, printing frost, dan laminate pun digunakan agar tampilan panel UPVC berkualitas secara tampilan. Hot stamping sendiri merupakan proses pencetakan motif ke atas panel UPVC dengan memindahkan motif yang sebelumnya berada di lembaran plastik. Tak hanya tampilannya, Kelebihan Plafon UPVC lebih mewah karena kualitasnya.

2. Tidak Termakan Rayap

Material UPVC ini menggunakan bahan yg tidak akan lapuk sehingga jika terkena air atau lembab tidak akan termakan rayap atau berjamur

3. Perawatan Yang Cukup Mudah

Kelebihan Plafon UPVC juga terletak pada lapisan bahannya yang memudahkan ketika dibersihkan. Debu, noda, kotoran apapun dapat dihilangkan dengan mudah. Ini semakin menambah keunggulan plafon PVC yang tak bisa didapatkan oleh plafon lainnya. Untuk perawatannya tidak memerlukan bahan atau alat lain untuk membersihkan karena pembersihannya sama seperti plafon lainnya, hanya saja Fungsi plafon ini yaitu untuk mencegah air jatuh ke lantai, namun apabila atap rumah bocor haruslah segera dibersihkan. Meskipun bahan PVC ini tahan terhadap air namun anda harus melakukan perbaikan secara cepat ketika atap sedang bocor.

4. Rongga 2 Fungsi

Kelebihan plafon UPVC selanjutnya terletak pada rongga-rongga yang dimilikinya. Rongga ini berfungsi sebagai insulasi termal dan suara. Rongga-rongga pada panel UPVC yang difungsikan sebagai penutup plafon membuat udara panas tersebut Langsung di serap sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

5. Tak Mudah Terbakar

Kelebihan plafon UPVC lainnya adalah daya tahannya yang cukup baik terhadap api. Plafon UPVC dikenal tak mudah terbakar dan meskipun terbakar, api yang menyala takkan mudah merambat ke seluruh bagian plafon. Alhasil, bila plafon UPVC terbakar pun api bisa lebih cepat mati karena plafon meleleh.

Tips Merawat Plafon UPVC

Pada dasarnya, hampir semua merk plafon UPVC mudah dirawatnya. Bahkan jika ternyata kotor, plafon UPVC bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan kain dan air saja. Hal terpenting justru bukanlah pada proses merawat plafon UPVC, namun pada proses pemasangannya. Proses pemasangan plafon UPVC harus dilakukan secara teliti agar hasilnya maksimal.
Sebaiknya, plafon UPVC juga terlebih dahulu dibersihkan dari debu dan kotoran sebelum dipasang. Hal tersebut dilakukan agar pemasangannya rapat dan rapi sehingga takkan menimbulkan kebocoran atau masuknya kotoran lewat UPVC ke dalam rumah.

Rekomendasi Merk Plafon yang Terkenal

  1. Shunda

Shunda plafon adalah plafon PVC yang dipersembahkan oleh PT. Shunda Sucai Indonesia. Produk plafon ini dibuat dari bahan yang ringan dan juga lentur. Proses instalasi plafon ini terhitung mudah dan bisa dipasang sesuai dengan keinginan.

Shunda plafon mempunyai sejumlah keunggulan yang diantaranya ialah tahan air. Karena tahan air, apabila atap Anda bocor rembesan airnya tidak akan membuat plafon menjadi berjamur dan lapuk. Di samping itu, Shunda plafon juga anti rayap, tidak merambah api dan pemeliharaannya mudah.

Plafon dengan merk ini juga terdiri atas beragam pilihan warna dan motif yang pastinya akan membuat ruangan menjadi lebih menarik. Apalagi juga didukung dengan sistem pemasangan yang praktis.

  1. Wifon

Wifon adalah salah satu merk yang memang terkenal bagus kualitasnya. Plafon dari merk ini akan menjamin keindahan bangunan Anda karena memang terdiri atas banyak motif serta warna. Plafon-plafon yang ditawarkan juga lebih berkilau, lentur serta lebih presisi.

Plafon dari Wifon juga terkenal awet serta tahan lama. Di samping itu, Wifon juga tidak akan membantu perambatan api, sifatnya elastis, tahan air, ringan dan yang lebih penting lagi harganya juga ekonomis.

  1. Denta

Denta plafon juga adalah salah satu merk plafon yang menggunakan bahan baku terbaik untuk menciptakan produk berkualitas. Sebagaimana jenis plafon yang lainnya, Denta Plafon ini juga tersedia dalam berbagai corak serta warna.

Harganya juga sangat ekonomis dan sebelum memasangnya, Anda sudah tidak perlu mengecatnya. Karakteristik produk ini ringan, anti air, anti rayap dan juga tidak merambatkan api. Plafon dengan merk ini juga termasuk yang aman bagi kesehatan, ramah lingkungan serta bisa didaur ulang.

  1. Anda Plavon PVC

Anda Plafon PVC juga bisa membuat rumah Anda menjadi lebih indah, modern dan juga elegan. Asal pemasangannya dilakukan dengan baik dan teliti, hunian dengan interior yang cantik pasti akan Anda dapatkan.

Sebagai plafon PVC, merk ini menawarkan kelebihan yang berupa anti rayap dan juga anti air. Jadi misalnya plafon ini terkena air yang merembes dari atap, ia tidak akan mudah lapuk. Hama perusak seperti rayap juga tidak akan mengganggu plafon ini. Tidak kalah penting lagi, harganya terjangkau.

  1. Warren PVC

Warren PVC bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan plafon PVC. Produk ini mempunyai banyak pilihan warna serta motif. Karakteristiknya ringan, anti air, anti rayap dan juga tidak merambatkan api. Cocok dijadikan pilihan oleh Anda untuk mendukung desain interior modern.

  1. Golden Crown

Kasus atap bocor sehingga air bisa merembes masuk rentan membuat plafon menjadi lapuk. Namun, berbeda ceritanya jika Anda menggunakan plafon PVC, termasuk merk Golden Crown. Sebab, plafon PVC lebih tahan terhadap air.

Di samping itu, Anda yang selama ini khawatir dengan hama seperti rayap juga bisa tenang mengingat plafon PVC Golden Crown juga anti rayap. Jadi plafon bisa lebih tahan lama. Tambahan lagi, plafon Golden Crown ramah lingkungan, tahan api juga lentur sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.

mPlafon PVC memang mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya ialah awet, bisa bertahan hingga puluhan tahun, bahannya ringan, anti air, anti rayap serta perawatannya cenderung mudah. Kelebihan-kelebihan tersebut akan menjadi lebih optimal lagi bila Anda menemukan merk plafon PVC yang tepat.

Nah itu dia penjelasan mengenai plafon UPVC terimakasih telah berkunjung di website ini jika anda berkenan silakan like dan share artikel ini supaya akan banyak lagi orang yang mendapat manfaat dari informasi ini terimakasih. Jika ingin memesan jasa interior bekasi anda bisa menghubungi kami. Jika ingin pesan jasa arsitek rumah bekasi bisa klik link.