Rumah Sejuk Tanpa AC

cara membuat rumah sejuk tanpa ac
cara membuat rumah sejuk tanpa ac

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera buat kita semua. Gimana kabarnya semua, Sahabat ArsitekHijau. mudah mudahan selalu dalam lindungan tuhan aaamiin.

Di kesempatan kali ini aku mau kasih tips nih, buat kamu semua yg mau rumah sejuk tanpa AC (air conditioner). Yah Aku tau buat, kamu yg klik artikel ini satu tipe sama aku yg gak kuat AC, atau alergi dingin, tapi gak Cuma itu faktanya, keseringan menggunakan AC pun kurang baik untuk kesehatan, dan juga tidak murah untuk biaya dan perawatannya. Nah jadi ini artikel yang tepat jika kamu mau rumah mu sejuk tanpa AC. Wah Penasaran sama tips kali ini? yuk simak penjelasnnya, eeeeiiit tapi sebelum lanjut alangkah baiknya buat di bookmark dulu yah, biar kamu bisa baca baca lagi Artikel yg lain, masih banyak juga loh!!

Tips Agar Rumah Sejuk Tanpa AC

atur ketinggian plafon
  • Atur Ketinggian Langit – Langit agar rumah sejuk tanpa ac

Mengapa Langit langit atau plafon harus tinggi ? apa hal itu bisa menyebabkan ruangan jadi lebih sejuk tanpa ac ? jadi ini penjelasan logisnya Keadaan Panas pada ruangan di sebabkan karena alur masuknya panas matahari adalah dimulai dari panas yang mengenai atap rumah terlebih dahulu, kemudian masuk ke rangka atap. Setelah itu, panas di rangka atap akan diteruskan menuju ruang plafon, baru setelah itu diteruskan ke ruangan-ruangan di dalam rumah. Jadi, semakin tinggi plafon Rumah mu, akan semakin besar pula persentase berkurangnya panas yang masuk ke dalam ruangan. Nah Udah paham kan penjelasannya yuk next lagi penjelasan berikutnya

  • Matikan Lampu Jika tidak Di gunakan

Semua lampu mengeluarkan panas, bahkan yang memiliki teknologi LED sekalipun. Untuk menghindari ruangan terasa gerah karena cahaya lampu, matikan ketika tidak digunakan dan ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien.

  • Gunakan exhaust fan agar rumah sejuk tanpa ac

Untuk area dapur dan kamar mandi, pasanglah exhaust fan. Benda ini bisa menarik udara panas yang naik setelah kamu memasak atau udara beruap saat mandi, keluar dari rumah mu.

  • Buat perubahan jangka panjang

Jika kamu  benar-benar berkomitmen untuk tidak menggunakan AC keseluruhan, kamu bisa membuat beberapa perubahan untuk membuat rumah tetap dingin. Menggunakan kaca film misalnya, merupakan cara cerdas, karena mereka bekerja sama dengan tirai menolak cahaya matahari. Selain itu, menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari. Cara ini efektif mengurangi jumlah panas rumah kamu.

  • Gunakan kipas angin

Daripada membeli pendingin ruangan dengan harga yang mahal, apalagi jika ingin menghemat listrik, kamu bisa menggunakan kipas angin. Siapkan semangkuk es atau benda lain yang serupa dinginnya dan letakkan di depan sebuah kipas besar. Dengan demikian, udara dingin yang dikeluarkan oleh es, bisa menyebar di seluruh ruangan, berkat kipas angin. Selain itu, ubah atau pilih kipas angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Percaya atau tidak, putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam pada kecepatan yang lebih tinggi akan menghasilkan aliran udara yang “terasa” lebih dingin.

  • Tutup Jendela Dengan Tirai

Cara klasik ini masih terbilang ampuh membuat rumah sejuk tanpa ac dengan mudah. Di tengah hari yang panas, tutup semua celah masuknya sinar matahari dan lapisi dengan krei atau gorden sebagai filter cahaya.

  • Menanam Pohon agar rumah sejuk tanpa ac

Pohon sangat berperan secara signifikan melindungi iklim bumi dari panas yang berlebih. Pohon selain dapat menyerap CO2, memperkaya Oksigen di rumah, kerimbunan pohon dapat membuat rumah sejuk tanpa ac. Tidak percaya? coba saja

Nah itu dia tips tips buat kamu yg gak mau pake AC tapi tetep bisa merasakan sejuk dan gak kepanasan jika artikel ini bermanfaat silakan klik like dan share juga yah ke media sosial mu supaya banyak lagi yang mendapat manfaat dari artikel ini. Baca juga artikel lain yah, karena masih banyak tips tips seputar dunia kontruksi dan arsitek yg bisa kamu dapatkan di website ini terimakasih wassalamualaikum Wr.Wb. salam sejahtera buat kita semua see you di artikel lainnya. Jika cari jasa arsitek jakarta selatan, kamu bisa klik link.