081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Beberapa waktu yang lalu desain ruang yang bergaya timur tengah memang kurang begitu populer di banding dengan gaya desain yang lain. Padahal bentuk desain ini juga tidak kalah menariknya di banding dengan aliran gaya yang lain. Maka tidak mengherankan jika saat ini gaya desain dari negara gurun pasir ini mulai di lirik oleh para arsitek rumah dan desainer interior untuk di jadikan referensi dan sumber ide alternatif yang baru.

Ciri utama dari desain timur tengah antara lain adalah terletak pada bentuk lengkungan yang di aplikasikan pada pintu maupun akses lain untuk masuk ke dalam rumah. Namun selain untuk pintu bentuk lengkungan yang sangat khas ini juga bisa di aplikasikan untuk interior dalam ruang.

Bentuk lengkungan ini ada yang menyerupai bentuk setengah lingkaran saja. Namun ada pula lengkungan yang di desain sedemikian rupa hingga tampilannya seperti kubah atau menara masjid. Jika di aplikasikan untuk interior, bentuk lengkungan ini bisa di letakkan di bagian tembok atau dinding dengan sistem tempel. Adapun bahan yang di gunakan bisa terbuat dari papan kayu. Untuk memunculkan kesan yang ramah dan akrab, lengkungan papan kayu ini di beri warna yang alami yaitu coklat tua.

Untuk mengisi kekosongan agar tidak terkesan sepi, maka di bagian dalam lengkungan ini bisa di beri lukisan atau foto anggota keluarga. Ukurannya di sesuaikan dengan ukuran ruang dalam lengkungan tersebut. Jika ingin memunculkan karakter timur tengah yang lebih kuat, maka pilihlah lukisan kaligrafi arab yang merupakan karya seni membuat bentuk tulisan yang indah.

Kemudian untuk penutup atap atau plafon juga menggunakan kayu dengan jenis dan warna yang sama. Sementara pada bagian tengah di beri warna putih susu untuk menciptakan kesan yang lebih terang.

Pada bagian tengah ini bisa di letakkan lampu gantung kristal. Sehingga selain kesan terang, nuansa mewah dan elegan juga akan muncul. Jika tidak menyukai lampu kristal, bisa di ganti dengan lampu gantung dari kuningan yang warna kuningnya juga bisa memancarkan kemewahan tersendiri.

Agar bisa tampil lebih mewah lapisan penutup lantainya menggunakan bahan marmer yang menggunakan jenis warna terang dengan tekstur yang tidak terlalu gelap seperti abu abu. Jika ukuran ruangnya cukup luas dan besar, di bagian tengah lantai ini bisa di beri ornament yang menggunakan perpaduan warna hitam, krem dan coklat.

Jika tidak mau repot untuk melakukan penataan, bisa di ganti dengan pentup lantai jenis lain yaitu karpet. Pilihlah warna dan desain yang juga bercirikan gaya timur tengah. Ukuran karpet ini sebaiknya hanya menutup bagian tengah saja yang di gunakan untuk meletakkan kursi.

Kemudian untuk perabot kursi dan mejanya sendiri juga menggunakan gaya timur tengah namun dengan sentuhan yang lebih modern. Warna penutup kursinya bisa memilih warna krem sementara untuk kayu kerangka dan kaki menggunakan warna yang sama namun bersifat lebih keemasan. Sedangkan untuk penutup bantal duduk dan sandaran menggunakan warna yang lebih gelap.

Khusus untuk meja sebaiknya bentuk kakinya menggunakan bentuk lengkung keluar. Dan untuk menambah nilai keanggunan dan kesan yang lebihelegan meja ini di beri tutup atau taplak yang menggunakan kain transparan dengan warna yang sama.

Jika ingin menambah suasana lain yang lebih sejuk dan segar, di bagian pojok ruang bisa di beri tanaman yang di letakkan dalam pot. Pilihlah jenis tanaman yang punya daun banyak dan rimbun. Dari tanaman ini nuansa panas yang sering terjadi di timur tengah bisa sedikit di kurangi atau di hilangkan.

error: Content is protected !!