081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

69331497

Desain rumah idaman yang ideal haruslah anda rancang setelah anda mendapatkan lahan yang tepat.

Anda boleh menyerahkan desain rumah idaman anda kepada arsitekhijau.com yang berpengalaman. Akan tetapi jika anda tidak menetapkan garis-garis acuan dan batasan, anda akan banyak menuntut revisi gambar atau ketidakpuasan. Oleh karena itu kami berikan 10 tips untuk desain rumah idaman anda yang ideal.

1. Tentukan tipe dan gaya rumah idaman anda.

92262061
Pertama anda harus menentukan tipe rumah yang akan dibangun, karena design rumah sangat beragam. Jika anda telah menemukan design yang anda inginkan, buat daftar prioritas yang anda perlukan. Mungkin tidak semua kriteria bisa diimplementasikan, tetapi paling tidak anda bisa memilih manakah yang paling ideal sesuai keinginan anda. Misalkan anda menginginkan rumah tipe kecil, sedang, besar, villa, atau malah kos-kosan untuk investasi.

Untuk gaya rumah idaman anda, kami menyediakan contoh-contohnya. Mulai Desain Rumah Minimalis, Desain rumah dari berbagai belahan dunia dan desain lainnya disini : UPDATE TULISAN

2. Buat List Ruangan yang dibutuhkan.
Mulailah dengan yang paling utama, yaitu jumlah kamar, kamar mandi, ruang keluarga, susunan ruang makan, teras, sampai ukuran garasi anda.
Setelah list utama ini selesai, lanjutkan perencanaan untuk ruangan. Anda bisa membuat list peralatan yang terpenting. Misalnya kitchen set, audio set, internet dan koneksi telepon, dan sebagainya. Yah asal nanti jangan kebanyakan maunya saja, liat tips no.4

3. Periksa Peraturan Daerah Setempat
Pada beberapa lokasi peraturan daerah ini dapat sangat mempengaruhi desain rumah anda secara keseluruhan. Tentunya pengetahuan mengenai peraturan ini dapat menghindari timbulnya masalah di kemudian hari. (daripada kena demo mulu ntar,hehe..)

4. Gunakan Desain Yang Sesuai Kantong Anda 😉
Setelah menyelesaikan list kriteria, bandingkan dan sesuaikan dengan budget. Ini merupakan hal yang sulit terutama bagi yang baru membangun rumah untuk pertamakali. Jangan mengalokasikan terlalu banyak dana untuk rumah, ingat juga anda perlu furniture untuk rumah anda. Sebaiknya diskusikan dengan Tim ArsitekHijau.com untuk desain rumah yang sesuai untuk budget anda.

GUZ-SENTOSA-024-940x632Grupo-SP-Casa-Morro-do-Querosene

5. Sesuaikan dengan Lahan yang anda miliki
Ingatlah untuk selalu menyesuaikan desain rumah dengan karakteristik lahan anda. Hal ini berguna untuk perencanaan penataan bangunan dan taman, karena tiap lahan sifatnya unik.

6. Optimalkan Efisiensi Ruangan
Saat membuat gambar perencanaan ruangan, pertimbangkan beberapa hal berikut:
• Buat akses langsung dari garasi ke dapur
• Tempatkan AC atau pemanas ruangan pada tengah-tengah ruangan, untuk menyeimbangkan suhu rumah anda
• Kamar Tidur utama sebaiknya’tersembunyi’ untuk alasan privasi dan mengurangi kebisingan
• Pastikan lebar pintu, antar ruangan, dan tangga cukup untuk dilewati furniture

7. Rencanakan Renovasi Rumah Idaman Anda
Jika anda tidak mampu (mungkin belum mampu, hehe) untuk membangun keseluruhan rumah idaman anda sekarang, rencanakan agar untuk melakukan renovasi rumah di masa mendatang mudah untuk dilakukan. Anda dapat melakukan pembangunan secara bertahap dan mendahulukan bagian rumah mana yang terpenting. Sebagai contoh anda dapat membangun rumah dengan type smarthouse (lt 1 terlebih dahulu). Kemudian anda dapat melakukan pembangunan upgrade lt 12 (waduh, ini sih apartement, wkwk) pada masa mendatang.

64444490

8. Rancang Desain Interior Rumah Anda.
Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kertas ataupun home design software. Pertimbangkan juga bagaimana pencahayaan, warna dinding dan lantai di rumah anda. Selain itu aktivitas yang biasa anda lakukan di rumah akan berpengaruh untuk perencanaan tata letak furniture, ruang keluarga, maupun ruang makan. Coret-coretan anda tidak perlu sebagus Tim ArsitekHijau.com, hehe.. yang terpenting anda mendapat gambaran jelas interior rumah anda. Selanjutnya anda tinggal memberi gambaran dan batasan desain interior nya kepada kami untuk kami kerjakan.

9. Cahaya Matahari Harus diutamakan
Ini sangat vital dan berkaitan dengan factor kesehatan civitas rumah idaman anda. Hal ini ditentukan rumah anda menghadap ke arah mana. Tempatkan jendela untuk mendapatkan banyak pencahayaan alami sehingga memungkinkan untuk penghematan energi. Dan jika anda menyukai sunrise atau sunset, anda dapat merancang tempat khusus bagi anda untuk menikmatinya 🙂

a2

10. Percantik Segala Sisi Rumah Anda.
Ingatlah bahwa penempatan jendela dan pintu berpengaruh terhadap tampilan dalam maupun luar rumah anda. Entah anda tinggal di sudut maupun di tengah-tengah perumahan, tampilan sisi rumah anda akan terlihat jelas. Buatlah rancangan tampilan luar dan dalam rumah anda, misalkan dengan mengatur landscape (taman, bunga) maupun secara arsitektur (misalkan tambahan hiasan pada teras) sehingga anda bisa dengan bangga memperlihatkan rumah anda pada pengunjung.

Itulah 10 tips untuk membuat desain rumah idaman anda. Kami Tim ArsitekHijau.com siap berkolaborasi dengan anda dalam pembuatan design rumah idaman anda. Untuk tariff dan fitur yang kami berikan bisa dilihat disini

 

(Sumber: www.toptenreviews.com)