081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Dalam membangun rumah kita memerlukan tenaga ahli dalam hal pelaksanaan pembangunan agar terwujudnya hunian yang baik, tenaga ahli ini biasa disebut kontraktor. Kontraktor adalah suatu badan usaha atau perorangan yang membuat kontrak kerja dan melaksanakan suatu proyek bangunan.

Dalam memilih kontraktor juga perlu dipertimbangkann secara matang yang dalam proyek skala besar diadakan lelang untuk menentukan pemborong terbaik dengan harga termurah, namun untuk dapat menggunakan jasa kontraktor terbaik terkadang terkendala pada masalah harga borongan bangun rumah per m2 seperti di Jakarta yang masing-masing pemborong mempunyai standar tersendiri.

Perhitungan RAB rencana anggaran biaya bangun rumah dapat dihitung secara cepat dalam satuan m2 luas bangunan atau menghitung secara teliti dengan cara mencari volume masing-masing pekerjaan kemudian dikalikan analisa harga satuan.

Harga borongan rumah per m2 dijakarta cenderung selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya, Dalam perhitungan biaya bangun rumah sebelumnya kita harus menentukan dahulu apakah hendak memborongkan upah tenaga berikut tenaga atau borongan upah saja. Jika hanya memborongkan tenaga maka kita harus menyediakan bahan bangunan yang biasanya diminta oleh pemborong untuk sedia setiap saat agar dalam pelaksanaan pembangunan tidak ada tukang bangunan yang menganggur akibat kehabisan material dilokasi proyek, hal ini tentu dapat menyebabkan kerugian pada pihak pemborong.

Berikut ini harga borongan per m2 didaerah Jakarta
•    Harga borongan upah tenaga            +/- Rp.   800.000,00

  •  Bahan bangunan                                    +/- Rp. 3.000.000,00

Harga tersebut hanya rata-rata saja pada tahun 2013 yang nilainya dapat berubah sewaktu-waktu menurut dimana lokasi pembangunan rumah serta kapan kegiatan membangun berlangsung.

 

Maka berdasarkan data harga pemborongan per m2 tersebut dapat kita hitung total biaya yang harus disiapkan dalam membangun rumah,

  1. kita hitung luas bangunan yang akan kita bangun contoh kita akan membuat rumah satu lantai ukuran 6 m x 9 m maka luasnya adalah 54 m2.
  2. Kita hitung biaya borong rumah 54 m2 x Rp.3.800.000,00 = Rp.205.200.000,00
  3. Kenaikan harga berkisar 6 s/d 10 % tiap tahunnya, selamat memilih kontraktor terbaik dengan harga borongan paling murah namun dapat mewujudkan kualitas bangunan terbaik

 

Jika anda ingin menggunakan jasa kami sebagai kontraktor maka kami berikan gratis jasa gambar arsitek lengkap dengan 3D desan exterior dan interior, RAB.

HUBUNGI KAMI – 081.330.646464 – Wahyu

Rumahku Surgaku

error: Content is protected !!