081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Jam dinding sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Kalau jeli, Anda bisa juga lho memanfaatkan jam dinding sebagai dekorasi rumah. Bagaimana caranya? Yang terpenting, pilihlah jam dinding dengan bentuk unik, punya karakter, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam rumah Anda. Berikut ini tips menjadikan jam dinding untuk dekorasi rumah.
1. Mengenal jenis jam dinding

Selain fungsional, jam dinding kini hadir dalam beragam desain dan beragam bahan. Misalnya, ada jam dinding yang terbuat dari kayu, metal, plastik, dan akrilik.
Bahkan, ada pula jam dinding yang terbuat dari logam mahal seperti stainless steel, perunggu, perak, bahkan emas.
Silakan pilih sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Yang penting, desainnya harus unik dan berkarakter.

2. Bisa mewakili kepribadian Anda
Hal lain yang tak kalah penting adalah bagaimana memilih desain jam dinding yang bisa mewakili kepribadian atau karakter Anda, serta senada dengan dekorasi ruangan.
Menggantung jam dinding hampir sama seperti ketika Anda menaruh gambar atau lukisan di dinding. Semuanya sama-sama berpengaruh terhadap tampilan ruangan secara keseluruhan.
Kalau ruangan bergaya vintage, maka jam dinding kayu dengan ukiran pada bingkainya bisa menjadi pilihan. Tetapi jika ruangan bergaya modern, juga rumah-rumah minimalis, pilihlah jam dinding yang minim detail.
3. Tempatkan beberapa jam dinding
Seperti dijelaskan sebelumnya, menggantung jam dinding hampir sama seperti menempatkan foto atau lukisan pada dinding. Semuanya merupakan bagian dari dekorasi rumah.
Dalam hal ini, Anda bisa mencoba cara-cara yang tidak konvensional. Misalnya dengan menaruh dua hingga tiga jam dinding secara berderetan: horizontal dan vertikal.
Pilihlah jam dinding dengan bentuk dan ukuran berbeda, agar tidak berkesan monoton. Agar fungsi jam makin maksimal, Anda bisa mengatur perbedaan waktu antara tiga negara pada masing-masing jam dinding tersebut. Unik kan?
4. Kontraskan warna
Menempatkan jam dinding berwarna gelap pada ruangan yang didominasi warna putih, atau pastel pucat, tentu akan membuat ruangan menjadi lebih stylish, menarik, unik, dan berbeda dari ruangan milik tetangga.
Jika dinding rumah Anda didominasi putih, jangan ragu menaruh jam berwarna hitam atau biru navy. Apabila warna dinding hijau atau biru pastel, pilihlah jam dinding berwarna cerah dan bold.
5. Jam dinding bergaya kuno
Ingin menghadirkan kesan vintage pada ruangan? Mengapa tidak memilih desain jam dinding model cuckoo? Jam berbentuk rumah burung ini sangat klasik, dan tak pernah ketinggalan zaman.
Jam cuckoo pun kini memiliki berbagai model yang lebih kontemporer, sehingga masih sangat sesuai ditempatkan pada ruangan dengan interior modern.
6. Jam pada ruangan stylish
Untuk ruangan yang lebih stylish, pilihlah jam bergaya eklektik dan art deco. Misalnya, jam dinding dengan bingkai berbentuk matahari atau bulan. Atau jam dinding yang bermotif dan berwarna cerah.
7. Sesuaikan dengan tempat
Pemilihan desain jam dinding sebaiknya disesuaikan dengan fungsi ruangan. Untuk dapur, pilihlah jam yang bermotif atau berbentuk buah-buahan, ayam jago, atau bumbu-bumbu dapur.
Dapur pun akan terlihat lebih relaks dan mengundang selera untuk masak atau menikmati makan bersama keluarga di dekat area dapur.
Adapun kalau mau ditempatkan pada kamar anak, pilihlah jam dinding dengan warna-warna terang, berbentuk fancy, atau bergambar tokoh kartun.