081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Tinggal di indonesia merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita. Karena indonesia sebagai negara tropis di karuniai berbagai macam keindahan dan kenyamanan ekstra yang kita dapatkan. Selain itu kita juga mendapatkan sebuah ide untuk merancang sebuah desain rumah tropis modern.
Anda tentu bertanya – tanya tentang desain seperti apa yang cocok untuk kita dan menemani kehidupan kita sebagai manusia yang tinggal di daerah tropis. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam mendesain rumah tropis modern.
Berikut adalah informasi lebih detail mengenai strategi perancangan bangunan pada iklim tropis :
• Dari sekian banyak hal yang harus anda perhatikan yang pertama adalah tentang mengenali karakteristik lingkungan di daerah tropis. Kita yang hidup di daerah tropis seperti di indonesia tentu merasakan cahaya matahari yang bersinar sepanjang tahun dan sangat melimpah di indonesia, kelembaban udara pun cukup tinggi di tambah dengan curah hujan yang tinggi membuat sebuah rumah kita akan terasa panas dan lembab jika kita kurang memperhatikan sirkulasi udaranya. Jadi kehadiran sirkulasi udara yang baik pada rumah tropis merupakan hal utama.
• Selain itu anda juga harus memperhatikan tentang desain rumah tropis modern yang akan anda bangun tersebut. Anda harus memperhatikan tentang arah sinar matahari yang masuk di rumah anda agar dapat memperhitungkan dan menyiasati jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam rumah anda.
• Untuk menyiasati hujan yang sering kali turun, anda harus memperhatikan tentang pemilihan genteng pada rumah anda. Memilih genteng yang memiliki alur lurus tentu akan sangat membantu untuk memperlancar jatuhnya air hujan di genteng.
• Desain atap yang curam tentunya sangat ideal untuk di aplikasikan pada rumah di daratan tropis agar lebih cepat mengalirkan air hujan hingga meresap ke permukaan tanah. Di samping itu ada juga harus menyiapkan talang vertikal yang berukuran besar.
• Terakhir adalah memilih cat tembok yang anda gunakan pada rumah anda. Pastikan anda memilih cat tembok yang lebih tahan terhadap iklim di daerah tropis agar lebih awet dan mudah bagi anda untuk melakukan perawatan pada rumah anda.

Iklim tropis adalah iklim di mana merupakan masalah yang dominan yang pada hampir keseluruhan waktu dalam satu tahun bangunan bertugas mendinginkan pemakai, dari pada menghangatkan dan suhu rata – rata pertahun tidak kurang dari 200 c, iklim tropis indonesia mempunyai kelembaban relatif yang sangat tinggi, curah hujan yang cukup banyak, dan rata – rata suhu tahunan umumnya berkisar 230 c dan dapat naik sampai 380 c pada musim panas. Pada iklim ini terjadi sedikit sekali perubahan musim dalam satu tahun. Satu – satunya tanda terjadi pergantian musim adalah banyak atau sedikitnya hujan, dan terjadinya angin besar.

Karakteristik iklim panas lembab adalah sebagai berikut :

• Landscape, hutan hujan terdapat sepanjang pesisir pantai dan dataran rendah daerah ekuator.
• Kondisi tanah, merupakan tanah merah atau coklat yang tertutup rumput.
• Tumbuhan, zona ini tumbuhan sangat bervariasi dan lebat sepanjang tahun. Tumbuhan tumbuh dengan cepat karena pengaruh curah hujan yang tinggi dan suhu udara yang panas.
• Musim, terjadi sedikit perbedaan musim. Pada bulan panas kondisi panas dan lembab sampai basah. Pada belahan utara, bulan dingin terjadi pada desember – januari, bulan panas terjadi pada mei – agustus. Pada belahan selatan bulan dingin terjadi pada april – juli, bulan panas terjadi pada oktober – februari.

• Kondisi langit, hampir sepanjang tahun keadaan langit berawan. Lingkungan awan berkisar 60 % – 90 %. Luminance maksimal bisa mencapai 7000 cd/m2 sedangkan luminasi minimal 850 cd/m2.

• Radiasi dan panas matahari, pada daerah tropis radiasi matahari di katagorikan tinggi. Sebagian di pantulkan dan sebagian di sebarkan oleh selimut awan, meskipun demikian sebagian radiasi yang mencapai permukaan bumi mempunyai dampak yang besar dalam mempengaruhi suhu udara.

• Temperatur udara, terjadi fluktuasi perbedaan temperatur harian dan tahunan. Rata – rata temperatur maksimum tahunan adalah 30, 50 c temperatur rata – rata tahunan untuk malam hari adalah 250 c tetapi umumnya berkisar antara 21 – 270 c. Sedangkan selama siang hari berkisar 27 – 320 c. Kadangg – kadang lebih dari 320 c.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan pakaian. Dalam sebuah istilah di katakan adanya sandang, pangan, papan. Artinya kebutuhan akan rumah sejajar dengan kebutuhan manusia akan makanan dan pakaian.

Salah satu fungsi utama sebuah rumah adalah sebagai tempat berkumpul anggota keluarga. Di dalam rumah pula, masing – masing anggota keluarga melakukan aktifitas kehidupannya. Dengan demikian, sebuah rumah harus mampu untuk mewadahi semua aktifitas anggota keluarga yang menghuninya.

Fungsi rumah adalah sebagai tempat berlindung dari pengaruh alam. Rumah akan melindungi penghuninya dari panasnya matahari dan dinginnya hujan.

error: Content is protected !!