081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Saat ini umumnya komplek perumahan menggunakan konsep rumah cluster. Rumah yang tidak menggunakan pagar sebagai salah satu alat pengamannya. Pemilik rumah mengandalkan sistem keamanannya dengan mengandalkan pada pagar yang mengelilingi komplek perumahan saja serta pihak keamanan yang di bayar bersama sama dengan pemilik rumah lain yang tinggal dalam satu komplek perumahan.
Apa itu cluster ??

Jadi halaman rumah hanya terbuka sedang pembatas tanah yang di miliki hanya berupa lantai atau tanah yang di beton saja. Inilah yang di namakan dengan rumah “ cluster ”. memang ada beberapa orang yang kurang percaya diri tinggal di rumah dengan model cluster ini.
Perasaan kurang aman karena rumah tidak mempunyai pagar sendiri dan tidak mempunyai halaman sendiri menjadikan mereka tidak memilih model perumahan seperti ini. Bagaimanapun, ketika memilih sebuah rumah, rasa aman dan perasaan nyaman adalah dua hal yang paling di cari.
Lingkungan yang membuat rasa aman dan nyaman ini memang sangat penting. Tidak peduli harga rumah mahal sekali atau malah sangat murah. Kalau kedua perasaan itu tidak hadir pada saat melihat atau memantau sebuah rumah yang akan di beli, maka rumah itu tidak akan menarik minat sama sekali.
Tidak dapat di pungkiri bahwa mencari sebuah rumah sebenarnya mencari sebuah lingkungan tempat tinggal. Bila lingkungan menyenangkan walaupun perumahan itu bukan perumahan elit, kebahagiaan akan lebih mudah di rasakan. Lingkungan baru adalah tetangga yang menjadi keluarga terdekat.
Keluarga terdekat inilah yang akan menjadi satu andalan ketika mendapatkan permasalahan yang sangat darurat. Tetangga adalah pengganti orang tua dan saudara sekandung. Akan sangat menyedihkan ketika tinggal dekat dengan orang yang malah akan menyakiti tetangganya.

Tidak heran kalau membeli rumah terkadang membutuhkan waktu bertahun – tahun hingga menemukan rumah yang benar – benar tepat. Selain mempersiapkan keuangan yang di butuhkan juga karena mencari rumah yang paling tepat. Beda kalau mempunyai banyak uang. Tinggal beli rumah di manapun sesuai dengan keinginan dan kalau tidak cocok, tinggal di jual dan mencari tempat lain.
Di balik segala kekurang nyamanan di hati beberapa orang tentang keberadaan rumah dalam komplek cluster, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika ingin membeli rumah dengan sistem cluster ini. Di antaranya adalah tempat parkir yang lebih luas sehingga kita bisa menaruh beberapa mobil sekaligus, terutama bila sedang kedatangan tamu atau saudara. Kelebihan lainnya adalah pandangan mata juga bisa lebih luas dan bebas. Karena tidak ada sekat pembatas atau pagar apalagi pintu gerbang di depan rumah.
Lingkungan dalam rumah dengan sistem cluster ini akan sangat nyaman dan aman kalau memang penjaga keamanannya bisa di percaya. Banyak kejadian rumah kecurian dan perampokan karena para penjaga tidak sangat ketat menyelidiki orang – orang yang pura – pura bertamu.
Mereka malah dengan santainya membiarkan orang – orang asing masuk ke rumah, para tetangga pun tidak mengira bahwa yang bertandang adalah perampok karena mereka juga percaya dengan penjaga keamanan.
Penjaga keamanan itu manusia juga dan mereka mempunyai kelemahan. Yang harus menjaga keamanan diri dan rumah adalah diri sendiri. Walaupun keamanan ada, tidak bisa di percayakan kepada mereka begitu saja. Apalagi kalau di rumah tidak ada siapa pun dan rumah benar – benar kosong.
Tidak menutup kemungkinan bahwa kejahatan yang terjadi di gawangi oleh penjaga keamanan sendiri. Kesempatan telah membuat mereka gelap mata. Tentu saja mereka tidak keberatan berhenti bekerja karena memang gaji yang di dapatkan tidak seberapa di bandingkan dengan hasil kejahatan yang di dapatkan.

Logika manusia memang luar biasa kalau berbicara tentang materi. Yang
mereka kadang tidak sadari bahwa ada kekuatan tuhan yang tidak bisa di kesampingkan begitu saja. Uang hasil kejahatan itu tidak akan bertahan lama dan tidak akan membuat hati senang dan tenang.
Kegelisahan itu akan membunuh jiwa. Oleh karena itulah, memilih penjaga yang bermartabat yang beriman adalah satu hal yang harus sangat di perhatikan. Bila mereka menyadari pentingnya mendapatkan uang halal, penjaga perumahan tidak akan menjadi dalang kejahatan. Mereka akan amanah dalam menjalankan pekerjaannya.
Rumah cluster ini biasanya tidak terlalu besar. Rumah tipe 36 itu memang cocok untuk keluarga kecil. Biasanya mereka akan merenovasi rumahnya. Ketika pekerjaan renovasi ini berlangsung, kegaduhan pasti terjadi. Tingkat pengertian akan sangat di butuhkan.
Namun, kalau mau aman, carilah komplek perumahan yang sangat menjaga bentuk awal konstruksi bangunan sehingga terkadang pihak pengembang tidak mengizinkan adanya renovasi yang terlalu masif. Mereka takut bentuk yang terlalu berbeda dari konsep awal akan mempengaruhi lanskap dan rupa perumahan yang di rancang.

error: Content is protected !!