081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Rumah adat di indonesia sangat beraneka ragam dengan ciri khas dan keunikan masing – masing, hal tersebut merupakan kekayaan negeri ini yang tak ternilai. Walaupun tiap daerah memiliki perbedaan termasuk rumah adatnya, kita tetap indonesia yang berjiwa bhinneka tunggal ika.
Dan berikut adalah rumah – rumah adat indonesia yang mewakili daerahnya masing – masing :

1. Rumah aceh, merupakan rumah adat nangroe aceh darussalam seperti layaknya rumah – rumah adat di indonesia pada umumnya, rumah aceh pun bertipe panggung dengan 4 bagian (depan, tengah, belakang, dan juga dapur).
2. Rumah balai batak toba, dari namanya saja kita sudah bisa menebak ini rumah adat dari daerah mana, provinsi sumatera utara takkan pernah lepas dari kata – kata batak dan toba. Rumah adat sumatera utara ini memiliki arsitektur yang indah dan bernilai seni tinggi.
3. Rumah gadang, rumah adat sumatera barat ini sangat populer di kalangan pelajar karena sering keluar di dalam ujian. Ciri khas dari rumah adat sumatera barat ini adalah atapnya yang runcing menyerupai tanduk kerbau.
4. Rumah melayu selaso jatuh kembar, rumah adat riau ini bisa kita jumpai di provinsi riau dan kepulauan riau. Rumah adat ini terdiri dari ruangan keluarga, tidur, dan juga dapur. Kekhasannya terdapat ruangan lain yaitu ruangan untuk pertemuan adat.
5. Rumah belah bubung, merupakan rumah adat kepulauan riau bertipe panggung melayu. Rumah ini di beri nama belah bubung adalah karena atapnya yang terbelah sedangkan pemberi nama rumah tradisional ini adalah orang melayu.
6. Rumah panggung, dari namanya saja kita sudah bisa menebak ini pasti rumah bertipe panggung. Meskipun tradisional, rumah adat jambi ini masih tetap di pertahankan eksistensinya dan menjadi rumah tempat tinggal di jambi terutama untuk suku batin.
7. Rumah bubungan lima, rumah adat bengkulu ini bertipe panggung yang bertujuan untuk menghindari bencana banjir dan juga serangan hewan – hewan buas. Sebenarnya rumah adat di bengkulu ada banyak, akan tetapi bubungan lima adalah yang terpopuler.
8. Rumah limas, rumah adat sumatera selatan ini merupakan prototype dari rumah – rumah tradisional yang ada di provinsi ini. Di namakan rumah limas karena bentuk atapnya limas, rumah adat ini biasanya di gunakan untuk acara – acara keluarga seperti hajatan.
9. Rumah rakit, rumah adat bangka belitung ini sangat unik karena rumah adat ini di buat di atas sungai. Umumnya rumah – rumah adat di provinsi bangka belitung tidak jauh berbeda dengan rumah – rumah adat di provinsi sumatera selatan, seperti rumah limas, dan rumah panggung.
10. rumah kebaya, rumah adat jakarta yang paling populer di telinga masyarakat adalah rumah kebaya atau biasa juga di sebut dengan rumah bapang. Ciri khas dari rumah adat jakarta ini adalah teras depan rumah yang luas yang biasa di gunakan untuk berkumpulnya keluarga dan menerima tamu.
11. Rumah kasepuhan, rumah adat jawa barat yang saat ini sangat sulit di jumpai masyarakat, kalaupun ada tentu letaknya di desa – desa. Material yang di gunakan untuk membangun rumah adat ini masih alami sepertii kayu, bambu, batu, ijuk dan juga dedaunan.

12. Rumah nuwo sesat, secara umum rumah adat lampung ini sama seperti rumah adat di indonesia lainnya yang berbentuk panggung. Rumah adat ini di buat sedemikian rupa supaya kuat dan kokoh meskipun di terjan bencana alam seperti banjir dan juga gempa bumi.
13. Rumah badui, rumah adat banten ini masih banyak di jumpai di daerah kanekes, di mana suku badui bertempat tinggal. Rumah bertipe panggung ini beratapkan daun atap atau daun kelapa dan berlantaikan belahan – belahan bambu.
14. Rumah joglo jawa tengah, rumah adat jawa tengah ini sangat populer di kalangan masyarakat. Dahulu, rumah ini merupakan perlambang dari status sosial masyarakat jawa tengah di mana pemiliknya di yakini memiliki kemampuan di dalam ekonomi yang berlebih.
15. Rumah jogjo jogja, rumah adat di yogyakarta memiliki nama yang sama dengan rumah adat jawa lainnya, yaitu joglo. Karakteristik dari rumah joglo antara lain indah, megah, sarat akan makna, nilai – nilai sosial budaya yang tinggi serta tahan dari bencana seperti gempa.

16. Rumah joglo jawa timur, rumah adat jawa timur bernama sama dengan rumah adat jawa tengah dan di yogyakarta, yaitu rumah joglo. Rumah joglo ini juga bisa di jumpai di pulau madura yang notabene masih termasuk ke dalam bagian dari jawa timur.