081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

membangun rumah bagus dengan biaya mahal itu wajar-wajar saja, jika bisa membangunya dengan harga hemat, itu baru luar biasa. disini kita akan menggali beberapa membangun rumah murah dan bagus. Ya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal ini, dari mulai saat perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan. langsung saja kita mulai menyelidikan hal hal yang bisa mendukung kita dalam mewujudkan rumah idaman dengan biaya paling kecil.

• Membuat gambar rumah sebelum membangun.

Kesanya memang terlihat akan ada biaya tambahan ketika harus membuat gambar rumah, kenapa tidak memasrahkanya saja langsung kepada tukang bangunan? boros, berapa waktu yang terbuang untuk menjelaskan kepada tukang agar mengerti seperti apa bangunan yang kita harapkan, belum lagi kalau ternyata yang sudah dibangun belum sesuai keinginan, tentu akan ada pekerjaan bongkar pasang yang berarti terjadi pemborosan. hal ini bisa diantisipasi dengan membuat gambar sebagai tempat koreksi saat perencanaan sekaligus sebagai pedoman saat pelaksanaan pembangunan.

• Menghitung rencana anggaran biaya (RAB) rumah.

Berdasarkan gambar desain rumah yang sudah dibuat, dapat kita hitung berapa perkiraan biayanya. ini sangat penting untuk evaluasi dini. misalnya kita bisa merubah bentuk rumah untuk mendapatkan biaya yang lebih kecil.
• Memilih material bangunan terbaik dan termurah.

Membandingkan beberapa merek bahan bangunan untuk dapat menemukan mana yang paling bagus sekaligus murah. terkadang ada program promo atau diskon yang memungkinkan kita untuk mendapatkan bahan bangunan dengan harga yang lebih hemat.

• Menyelesaikan izin mendirikan bangunan (IMB).

Akan sangat merepotkan jika proses pelaksanaan pembangunan harus terhenti sejenak akibat terkena segel pita kuning karena belum mengantongi IMB, ada waktu yang akan terbuang dan ada resiko harus membayar tenaga kerja yang terpaksa menganggur untuk sementara waktu sampai proses perizinan selesai.

• Memilih tenaga kerja/pemborong/supplier yang bagus dan profesional.

Contohnya tukang bangunan yang sudah ahli dibidangnya tentu akan mampu menyelesaikan pekerjaan secara cepat dengan kualitas terbaik. supplier/ toko bahan bangunan yang bagus tentu dapat menyediakan material berkualitas dengan harga bersaing.

• Menggunakan metode kerja terbaik

Cara apa yang bisa dipakai untuk melaksanakan suatu item pekerjaan agar bisa menyelesaikanya lebih cepat, dengan biaya paling sedikit dan mendapatkan kualitas bangunan paling bagus.
• Mempercepat pelaksanaan pembangunan rumah.

Semakin cepat pembangunanya berarti akan ada biaya yang bisa dihemat, belum lagi kalau rumah yang dibangun itu nantinya akan di sewakan/ dikontrakan, jadi kita bisa mendapatkan penghasilan lebih awal.

Begitulah hal-hal yang bisa dilakukan sebagai langkah untuk menghemat biaya pembangunan rumah sekaligus mendapat kualitas terbagus.

silahkan mencari hal-hal lain yang bisa dilakukan, dan apabila ada tambahan ide bisa berbagi disini agar bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang lain, selamat mewujudkan rumah idaman.