081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Setiap orang mempunyai selera masing – masing soal memelihara pohon atau tanaman. Ada yang menyukai proses tumbuhnya tanaman sehingga sengaja membeli dalam bentuk bibit. Ada pula yang ingin praktis, lebih memilih pohon yang sudah jadi. Lain lagi kepuasan pemilik pohon buah yang senang menunggu buah – buahnya matang.

Yang perlu di ketahui, tidak semua pohon memungkinkan dan layak di tanam di halaman rumah. Anda perlu mempertimbangkan besarnya rumah, luas halaman, kondisi lahan, fungsi, dan tata letaknya di rumah.

Kumpulkan informasi selengkap – lengkapnya mengenai pohon yang ingin di tanam. Cari tahu berapa tinggi optimum, besar diameter tajuk dan batang pohon setelah besar nanti. Saat pohon masih kecil mungkin terlihat bagus. Tapi, ketika besar bisa saja malah berbahaya bagi rumah.

Seperti jenis pohon palem bismarkia, diameter batang dan daunnya bisa menjadi sangat besar dan durinya berbahaya. “ waktu masih kecil di tanam di halaman berukuran 3 x 4 m2 memang terlihat bagus”.

Untuk halaman rumah kecil pilih pohon dengan tajuk yang sedang seperti jenis thevetia peruviana. Tajuk yang terlalu besar akan menciptakan daerah teduh di bawahnya, sehingga tanaman lain tidak tumbuh optimal karena kurang sinar matahari.

Perakaran pohon juga penting di perhatikan. Pilih yang tidak cepat menjalar. Perakaran pohon palem, kamboja yang tunggang, termasuk aman untuk rumah tinggal. Sedangkan pohon beringin yang akarnya menjalar tidak tepat untuk dirumah. Ada jenis pohon yang sangat sensitif. Kalau terlalu dekat dengan bangunan pertumbuhannya akan bengkok karena mengalami etiolasi.

Memelihara pohon besar harus rajin melakukan pemangkasan (pruning) untuk membuang cabang – cabang, dahan, dan ranting yang tidak perlu. Pemangkasan juga membantu pohon agar tidak terlalu rimbun sehingga sinar matahari tetap menembus ke bawahnya.

Sesubur apapun tanaman, kalau tidak di rawat akan tumbuh liar dan tidak terlalu bagus. Pohon jambu biji termasuk mudah dirawat karena batangnya kuat. Untuk merangsang pertumbuhan buah, perlu di bantu dengan pemupukan. Serangga dan ulat yang biasa ada di pohon buah bisa dihilangkan dengan penyemprotan insektisida.

Membuat taman mungil

Melihat keindahan taman di percaya sebagai obat penghilang stress. Apalagi kalau kita bisa menikmatinya di halaman rumah sendiri meskipun dalam ukuran kecil. Mulailah dengan menyiapkan sebidang lahan seluas 2 x 3 atau 3 x 3 m2. Lakukan pengolahan tanah dengan pencangkulan sedalam 20 – 30 cm untuk memperbaiki sistem drainase dan mencegah akar tanaman tidak busuk.

Dasar tanah dilapisi batu koral, baru di atasnya di tutup dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kompos. Sekeliling taman perlu di buatkan got kecil untuk menyalurkan kelebihan air yang mungkin menggenang. Tata tanaman berdasarkan gradasi ukuran, warna dan teksturnya.

Diperlukan satu atau dua tanaman soliter seperti jenis pohon palem setinggi 3 meter sebagai titik pusat pandangan. Lalu padukan dengan tanaman yang lebih rendah setinggi 20 – 30 cmseperti daun miyana yang berwarna warni. Hingga tanaman yang paling rendah setinggi 10 cm berupa rumput – rumputan. Perhatikan juga komposisi warna yang tercipta dari kelompok tanaman.

Untuk taman model minimalis lebih simpel lagi, cukup satu pohon kamboja dan deretan tanaman irish di bagian pinggir. Selebihnya, tanah di tanami rumput pendek.

Pilihan pohon-pohon untuk halaman rumah :

Pohon mangga
Jika halaman anda cukup luas anda dapat menanam pohon mangga. Tanaman ini selain memiliki buah yang rasanya nikmat saat matang juga mampu mengurangi panas. Sebaiknya menanam mangga cangkok agar lebih cepat berbuah dan juga akarnya tidak begitu merusak bangunan. Tanaman ini sangat mudah untuk di budidayakan dan hampir cocok di semua iklim di indonesia.

Pohon Pepaya
Buah pepaya cukup manis, tanaman ini berasal dari meksiko. Selain memiliki rasa yang nikmat buah pepaya dapat anda gunakan sebagai kanopi alami karena memiliki daun yang melebar yang bisa anda gunakan untuk melindungi halaman rumah dari panasnya terik matahari. Selain itu buah pepaya juga memiliki berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan sehingga tidak ada salahnya jika halaman anda di tanami pohon pepaya
Pohon jeruk
Pilihan buah lainnya untuk halaman rumah adalah buah jeruk. Buah ini memiliki rasa manis dan asam. Banyak sekali manfaat yang diberikan buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan. Buah jeruk juga memiliki manfaat sebagai perlindungan terhadap diabetestipe 2.
Untuk menanam buah jeruk di butuhkan cuaca yang hangat dan sinar matahari cukup. Jika anda ingin menanamnya di daerah dingin anda harus mempersiapkan dengan baik penyerapan airnya. Tanaman buah jeruk selain akan memberikan keindahan juga akan memberikan manfaat hebat bagi kesehatan tubuh anda saat anda mengkonsumsi buahnya.

Pohon tanjung
Meskipun batang tidak terlalu besar dan belum terlalu tinggi, namun sangat rindang dengan tajuk luas dan tumbuh secara simetris. Daun tidak mudah rontok, ranting tidak terlalu besar dan tidak mudah patah. Pohon ini bisa mencapai tinggi 15 meter, meskipun itu sangat jarang di temui.
Jadi sangat sesuai di tanam di halaman perumahan yang kecil.

Pohon pinus
Pohon pinus sering kita jumpai ketika berpergian ke daerah dataran tinggi, keindahan serta keunikan batang serta daunnya menjadi pinus memiliki daya tarik tersendiri sehingga saat ini tidak jarang orang yang telah menanamnya untuk di jadikan hiasan di halaman rumah agar menimbulkan kesan sedang berada di pegunungan. Pinus memiliki beberapa jenis, namun yang umum di tanam di indonesia adalah jenis pinus merkusi.

Pohon beringin
Pohon beringin memiliki daun kecil tapi berjumlah banyak sehingga membuatnya nampak rimbun. Jika anda memiliki halaman yang cukup luas anda dapat menanam pohon beringin untuk di jadikan pohon peneduh. Pohon beringin mudah di tanam, tahan terhadap penyakit sehingga tidak banyak membutuhkan perawatan ekstra dan berumur panjang.