081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Rumah murah dengan kwalitas dan tampilan yang bagus adalah impian semua orang, dalam hal ini arsitekhijau.com ingin berbagi tips dengan anda bagaimana cara anda mewujudkan mimpi anda tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun rumah dengan harga terjangkau:

  1. Pastikan anda memiliki anggaran biaya

Ada uang ada barang, kami sebagai arsitek pasti akan menanyakan budget anda jika kami mendisain rumah anda kelak. Karena dengan mengetahui budget anda, kita dapat merancang sesuai dengan budget  yang anda miliki akan tetapi dengan hasil desain yang maksimal tentunya. Anda tiidak perlu khawatir karena didalam RAB terdapat rincian setiap pekerjaan yang mudah dan dapat dipahami oleh klien

  1. Membuat grid ruangan yang simetris dan efisien

Dengan grid ruangan yang simetris dengan jarak-jarak antar kolom dan balok sesuai dengan dimensi material di pasaran akan membuat nilai bangunan lebih efesien. Sebagai contoh dimensi besi WF di pasaran adalah 12m, maka jarak-jarak kolom dan balok yang efisien adalah 3meter, 4meter, 6meter. Yang terpenting disini adalah bagaimana cara kita meminimalkan material terbuang sia-sia

  1. Bentuk bangunan sesuai iklim

Dengan iklim tropis di indonesia, akan sangat cocok menggunakan bentuk-bentuk atap genteng. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan perawatan bangunan untuk kedepannya. Pemilihan atap pelana dari pada atap perisai akan cukup menghemat material. Jika anda memilih untuk menggunakan atap dak beton tanpa memperhatikan fungsinya nanti, anda akan menghabiskan waktu dan uang. Mengapa demikian? Secara teknis pekerjaan anda harus mempersiapkan bekisting (alat cetak beton) dan penyangganya, kemudian anda harus menunggu hingga 21 hari agar beton kering dan memiliki mutu yang bagus dan yang paling penting adalah atap dak lebih mahal dari pada atap genteng kecuali genteng yang terbuat dari emas murni 24 karat… hehehe sorry jayuusss.

  1. Pemilihan material

Seiring perkembangan zaman, sekarang banyak terobosan-terobosan & produk-produk material yang lebih murah dan hemat waktu dalam pekerjaan. Seperti penggunnaan dinding precast, panel lantai, bata ringan rangka atap baja ringan dsb.

Sebagai contoh dalam pemilihan kusen, kusen alumunium lebih murah dan efisien, mengapa? Kusen alumunium lebih murah tentunya, kemudian pekerjaan lebih cepat dan rapih. Hal ini yang menyebabkan kenapa banyak orang memilih kusen alumunium.

  1. Hindari banyak ornamen

Pemilihan model minimalis menjadi pilihan utama kebanyakan orang. Perlu kita fahami Minimalis berarti minim ornamen tapi tetap indah, mudah dalam perawatan & penggunaan material seefisien mungkin. Pernahkah anda berfikir bagaimana cara membangun bangunan dengan gaya mediteranian? Gaya bangunan mediteranian adalah salah satu bentuk bangunan yang menggunakan banyak ornamen, hal ini akan menjadi lebih mahal karena dalam pekerjaan finishing akan lebih banyak menghabiskan uang dan waktu.

  1. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda konsultasikan ke arsitekhijau.com, dengan harga disain yang murah anda akan mendapatkan desain rumah anda yang asri dan efisien.

Ariful/dari berbagai sumber..