081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Sebetulnya tidak ada aturan resmi mengenai tinggi pagar rumah sehingganya banyak orang merasa tidak yakin dalam menentukan tinggi pagar rumah mereka. Tapi sebetulnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tinggi pagar rumah ideal.

Dalam membuat pagar rumah ada baiknya sebelum itu Anda cari tahu dulu regulasi atau ketentuan Pemda setempat ataupun ketentuan yang dibuat oleh pengembang (jika Anda membeli rumah dari pengembang) tentang pagar rumah yang diperbolehkan atau aturan jelas yang mengatur standart tinggi pagar rumah ideal.

Tinggi pagar rumah ideal juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah. Jika Anda ingin membangun pagar bertujuan untuk melindungi privacy di rumah, ketinggian pagar tersebut tentunya harus lebih tinggi dari tinggi rata-rata orang dewasa, sekitar 1,7 meter sampai 1,9 meter

Jika Anda yang bermaksud ingin mencegah orang yang berniat tidak baik masuk ke dalam rumah, tentunya bisa lebih tinggi lagi, berkisar antar 1,8 – 2,5 meter. Tentunya untuk tujuan ini, pagar tersebut perlu treatment tambahan agar lebih aman semisal diberi kawat berduri, pecahan kaca, listrik dengan tegangan yang tidak mematikan dan lain-lain.

Dan untuk jika untuk mengurangi kebisingan dari arah jalan (seperti rumah di pinggir jalan raya) bukan cuma ketinggian pagar rumah yang harus diperhatikan, faktor ketebalan pagar tersebut juga perlu dipikirkan. Untuk meredam suara, pagar rumah sebaiknya dibuat dengan tebal minimal 10 cm dengan ketinggian antara 1,8 – 2 meter.
Saran bagi Anda yang tinggal di lingkungan cluster, bisa membuat pagar dengan ketinggian 0,9 – 1,2 meter atau cuma setinggi pinggang orang dewasa. Tetapi saran dari seorang ahli tinggi pagar sebaiknya tak lebih dari 1,5 m dan ideal adalah 1,2 m. Ketentuan lain dari Tinggi pagar yang ideal. jika lebar rumah Anda kurang dari 8 m, adalah 1,2 m. Dan jika lebar rumah Anda di atas 8 m, maka bisa menggunakan pagar dengan tinggi hingga 1,5 m.

Nah, dengan tinggi pagar rumah, itu sudah cukup, karena disamping dapat memberi kenyamanan dan keamanan, namun tidak merusak estetika dari rumah Anda. Bayangkan jika Anda hanya memiliki rumah dengan lebar 8 meter, lalu membuat pagar dengan tinggi 2,5 meter (misalnya), mata orang yang melihat benar-benar tidak merasa nyaman.

Pagar rumah tentunya dibangun untuk menambah keamanan dan kenyamanan para penghuni rumah. Karena alasan inilah banyak sekali pemilik rumah yang hanya berfokus pada pembatasan area privasi dengan area publik (orang lain/asing) tanpa memperhatikan segi keindahan dan keselarasannya dengan desain, model, dan tema bangunan rumah. Dan lagi, mengetahui ukuran tinggi yang ideal adalah suatu keharusan untuk Anda yang berencana memiliki sebuah pagar.

Ada beberapa ukuran tinggi yang harus Anda ketahui untuk menentukan seberapa tinggi pagar yang akan Anda gunakan, antara lain:

1. Pembatas pekarangan
Ukuran tinggi ideal pembatas pekarangan untuk mencegah orang lain masuk ke dalam halaman rumah Anda adalah setinggi 170-250 centimeter dengan penambahan benda lancip atau tajam seperti paku atau kawat duri (barbed wire) di atasnya. Sedangkan jika hal utama yang mau Anda hindari berupa hewan seperti domba, anjing, kambing, atau gangguan kecil laiinya maka Anda cukup memakai ukuran dengan tinggi minimal 120 centimeter.

2. Pembatas lahan
Untuk Anda yang tinggal di lingkungan kompleks perumahan yang berkonsep hijau dan asri, maka ukuran ideal yang bisa Anda bangun adalah cukup setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 100-120 centimeter karena biasanya lingkungan ini sudah cukup aman karena disertapi dengan fasilitas keamanan 24 jam.

3. Rumah pinggir jalan raya
Bagi Anda pemilik rumah yang lokasinya sangat dekat sekali dengan jalan raya atau jalan besar ada baiknya untuk memiliki pagar dengan tinggi minimal 180-200 centimeter. Selain memberi rasa aman, hal ini bertujuan untuk mengurangi kebisingan suara yang muncul dari para pengguna jalan, baik kendaraan bermotor, suara klakson mobil, dan juga suara riuh para pejalan kaki.

4. Pelindung area pribadi rumah
Untuk hal ini, Anda dapat membangunnya dengan ukuran 180 centimeter atau setara dengan rata-rata tinggi orang dewasa. Untuk yang bertema minimalis Anda dapat menggunakan yang berukuran 150 centimeter.