081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Tips mengurangi polusi rumah

Sumber image : http://w1.hmetro.com.my/myMetro/articles/Rumahhijauunik/pix_gal1

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan terlebih di ibu kota kita tercinta yakni jakarta akan terasa sekali pekatnya polusi udara yang dihasilkan dari kendaran bermotor dan pabrik-pabrik, hal ini tentunya sangat mengganggu dan membahayakan kesehatan anda dan keluarga.

Tidak sedikit dari kita yang menggunakan masker ketika berada di jalan, dan tentunya anda tidak ingin masalah seperti itu terus terbawa sampai di rumah dan kantor anda atau tempat anda bekerja.

Suasana yang nyaman, asri dan bebas polusi tentunya akan menjadi kebutuhan untuk mendorong kwalitas hidup anda.

Berikut ini saya ingin berbagi tips untuk mengurangi polusi udara di tempat tinggal dan tempat kerja anda

  1. Maksimalkan taman exterior

Selain mengurangi tingkat kebisingan, taman yang dikelilingi pagar dari tanaman mampu menyaring udara yang mengandung polusi. Jika anda memiliki taman di rumah anda, maka anda wajib bersyukur, karena taman dapat membuat tampilan rumah lebih indah dan dapat menjadi salah satu terapi untuk meredakan stress dan menyegarkan pandangan mata.

  1. Maksimalkan ventilasi rumah

Idealnya rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki ventilasi yang bagus, terus bagaimana kriteria ventilasi rumah yang bagus? Ventilasi rumah yang bagus adalah yang mampu mengalirkan udara didalam rumah, sehinngga udara didalam rumah selalu berganti setiap hari. Jika udara terus menetap didalam rumah, yang terjadi adalah rumah akan lembab dan banyak mendatangkan penyakit.

  1. Membuat taman interior

Taman interior mampu menyejukkan mata dan menyaring udara akibat penggunaan bahan kimia didalam rumah, seperti pembersih rumah tangga & pembasmi hama. Agar lebih maksimal lagi kita harus hindari penggunaan produk-produk rumah tangga berbahan kimia yang berbahaya.

  1. Memasang (Exhaust) penyaring udara elektronik

Bagi anda yang rumahnya diapit oleh dinding tetangga kanan, kiri dan belakang , sebaiknya pasanglah exhaust untuk menarik udara kotor keluar dan menggantinya dengan udara baru yang segar.

  1. Cek Kualitas udara

Gas radon adalah gas yang tidak tercium oleh hidung kita tapi sangat berbahaya bagi paru-paru kita, gas radon dapat menyebabkan kanker paru-paru. Dengan sedikit merogoh kocek kita untuk membeli alat identifikasi udara dari gas radon adalah solusi palinng tepat.

  1. Tidak Merokok

Yap, tidak perlu dijelaskan lagi, anda semua pasti tahu bahayanya merokok, betul tidak?

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Jadi kenapa mesti buang duit untuk membeli barang yang tidak berguna bagi tubuh kita dan orang sekitar kita? Ingat!!! Ketika anda menjadi korban dari rokok yang anda konsumsi, anda pasti akan menyesal. Dan lebih menyesal lagi ketika orang tercinta disekitar anda menjadi korban dari perbuatan anda. Menurut kami, merokok adalah pembunuhan terselubung.

  1. Selanjutnya jika anda mempunyai solusi tambahan, silahkan berbagi disini

Terima kasih

Ariful /dari berbagai sumber