081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Kamar tidur adalah salah satu bagian yang paling di sukai oleh setiap orang. Apakah anggota keluarga yang tinggal di dalam satu rumah tersebut adalah seorang anak, ayah bahkan ibu yang identik dengan dapur.
Rata – rata pasti menginginkan desain kamar tidur yang sesuai dengan impian agar dapat melepas penat dan lebih rileks. Ya, pilihan utama seseorang ketika baru pulang dari berpergian apakah bekerja atau sekolah adalah kamar tidur.
Nah, oleh karena itu desain kamar tidur adalah yang paling penting untuk di perhatikan. Desain ruang tamu boleh di buat semaksimal mungkin untuk di lihat oleh orang lain, desain kamar tidur harus di desain sedemikian rupa agar membuat nyaman penghuni rumah tersebut.
Berikut adalah tips desain kamar tidur yang dapat anda aplikasikan untuk merancang ruang kamar tidur anda :
• Tentukan gaya / desain kamar tidur anda sejak awal. Hal ini akan menjadi dasar untuk melakukan dekorasi kamar anda apakah akan dengan gaya neoklasik, pop-retro, elektrik atau modern minimalis.

• Warna tema kamar tidur anda. Anda bisa menjadikan warna favorit anda sebagai warna tema kamar tidur tersebut tetapi anda bisa tidak hanya menggunakan satu warna. Anda bisa memadukan beberapa warna untuk memperkaya tekstur kamar tidur anda.

• Efek pencahayaan dapat berdampak baik bagi kamar tidur. Oleh karena itu, atur sedemikian pencahayaan dalam kamar tidur anda apakah pencahayaan dari matahari atau dari lampu.

• Jika anda menginginkan suasana hangat di kamar tidur anda, anda bisa menggunakan lantai kayu / parquet sebagai lantai anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan lantai keramik atau granit dengan berbagai macam corak.

• Warna tema kamar tidur anda akan mempengaruhi pilihan warna dinding anda. Tetapi menggunakan walpaper dinding yang sesuai dengan warna tema dan desain kamar tidur anda bisa di coba.

• Furniture yang di gunakan. Pilihan furniture yang akan anda gunakan ini terkait dengan pilihan desain kamar tidur dan warna tema anda. Bagi anda yang suka dengan model kamar pop dan modern, cat duko dan perabot kayu adalah pilihan tepat.

• Perhatikan ukuran furniture yang akan di letakkan di dalam kamar tidur anda, jangan terburu – buru memilihnya karena faktor suka saja. Apakah furniture yang akan di gunakan tersebut pas dengan ruangan kita.

• Perhatikan sirkulasi di dalam kamar tidur anda. Jangan sampai perabotan di dalam kamar tidur menghambat ruang gerak bahkan sirkulasi udara di dalam kamar.

• Kita harus memperhatikan bahwa barang – barang bertenaga listrik berada dekat dengan stop kontak. Atau kita bisa merancang sistem perkabelan agar sesuai dengan barang – barang bertenaga listrik kita dengan aman.

• Jangan lupa untuk menghias dinding dan pojok ruangan agar lebih hidup.

• Perhatikan material pelapis perabot anda agar benar – benar kering saat di pajang di dalam kamar anda, selain itu perhatikan bahan – bahan beracun yang mungkin ada dalam material cat dan sebagainya.
yang membedakan ukuran luas kamar tidur dalam rumah tinggal umumnya berdasarkan peruntukannya yaitu kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Secara teori, standar luasnya adalah : kamar tidur utama seluas 11, 15 m2 dengan ukuran sisi terpendek 2,845 m. Standar luas ini berdasarkan kebutuhan dasar ruangan untuk tidur dengan memperhitungkan kebutuhan ruang gerak untuk merapikan tempat tidur.
Berdasarkan data tersebut dapat kita ambil angka yang mendekati dengan ukuran as dinding. Misalnya untuk kamar tidur utama adalah 3,25 x 4 = 13 m2 dan untuk kamar tidur anak adalah 2,75 x 3 = 8,25 m2.
Namun ada baiknya anda menentukan luas kamar tidur dengan mempertimbangkan ukuran – ukuran perabot yang akan anda masukan ke dalam ruangan tersebut, karena untuk item tempat tidur saja sekarang ini tersedia berbagai macam ukuran di antaranya 100, 120, 160, 180 dan 200 cm untuk lebarnya sedangkan untuk ukuran panjang rata – rata 200 cm.
Di samping itu saat ini kamar tidur bukan hanya semata kamar untuk tidur saja. Banyak orang melakukan kegiatan lain di kamar tidurnya seperti baca buku, nonton tv, bercengkrama bersama keluarganya dan lain lain. Nah, sudah tentu tambahan fungsi tersebut membutuhkan tambahan luas ruangan dari standar ukuran luas tadi agar tercapai suasana yang n yaman dan lega dalam kamar tidur anda.

error: Content is protected !!