081-330-646464 cs@arsitekhijau.com

Pada saat anda melakukan pengecatan baik untuk tembok lama atau baru, maka tahap pertama adalah pemilihan warna. Baru setelah itu anda menentukan mereka cat yang sesuai dengan anggaran. Sebelum melakukan pengecatan, anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana memilih cat yang berkualitas.

Menurut ICI paints, minimal ada 4 fungsi yang harus di miliki oleh cat yaitu daya sebar, daya tutup, mudah dalam pengaplikasiannya, dan aman bagi kessehatan dan keamanan. Semakin tinggi kualitas sebuah cat, harganya pun akan semakin mahal karena di samping keempat hal pokok di atas, cat yang berkualitas akan memiliki nilai tambah seperti daya tahan terhadap cuaca, anti jamur, anti feeding, washable, serta tambahan pengharum ( fragrance ).

1. Gunakan produk yang sudah di kenal

Bila anda berkesempatan datang ke toko bangunan atau supermarket bahan bangunan, dan memiliki waktu yang cukup untuk membandingkan beberapa produk cat, bacalah keterangan atau aturan pemakaian cat tersebut termasuk data teknis yang ada pada setiap kemasan.

Tidak semua perusahaan cat mencantumkan data teknis produk pada setiap kemasannya, hanya cat yang di produksi oleh perusahaan yang selalu memperhatikan standar mutu saja yang bersedia mencantumkannya. Produk berkualitas biasanya mencantumkan semua keterangan produk tersebutsecara lengkap pada setiap kemasannya.

2. Gunakan cat sesuai dengan kebutuhan

Bila anda sudah bisa menentukan jenis cat, merek serta warna cat yang akan di gunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak cat yang di perlukan untuk sebuah ruangan.
Berikut ini contoh perhitungan pemakaian cat pada ruang dengan ukuran 3x4m2. Kebutuhan cat adalah :

Luas tembok A1 dan A2 x tinggi = 2 (3 x 3)m =18,0 m2
Luas tembok B1 x tinggi plafon = 2(4 x 3)m = 24,0 m2
Total luas tembok dan plafon = 54,0 m2

Di kurangi kusen dan pintu = 1,89m2
Di kurangi kusen dan jendela = 3,00m2
Total bidang yang di cat = 49.11m2
Satu liter kaleng cat catylac memiliki daya sebar 7 – 10 m2/ 1 sapuan cat, dan tergantung pada penyerapan permukaan yang di cat. Pada umumnya, satu kali pengecatan menggunakan 2 kali sapuan cat. Pada ruangan tersebut dengan luas 3 x 4m2, maka kebutuhan cat adalah :
( 49,11m2 / 10m2 ) x 2 sapuan cat = 9.822 liter
Ada dua kemasan catylac yaitu 25 kg (pail) dan 5 kg (galon). Dengan kapasitas satu galon adalah 5 liter maka total cat yang di butuhkan adalah 2 galon.

3. Ramah lingkungan

Jangan sembarangan memilih merek cat, pilihlah cat yang aman. Saat ini banyak cat yang di jual di pasaran yang tidak memperhatikan aspek – aspek kesehatan dan lingkungan karena bahan baku yang di pergunakan masih mengandung tambahan logam merkuri (hg) dan timah hitam / timbal (pb). Padahal kedua bahan itu berpotensi membahayakan manusia jika secara terus menerus masuk ke dalam tubuh.

Di negara lain untuk bangunan lama yang di bangun sebelum 1976, pemilik rumah di haruskan untuk mengerok cat lama dan mngecat ulang. Pada saat pengerokan pun harus menggunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan. Hal ini mengingat semua produk cat yang di produksi sebelum tahun 1976 masih menggunakan kedua bahan baku itu. Timah hitam / timbal (pb), merupakan salah satu logam yang bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf pada manusia terutama anak kecil.
Cat yang aman saat ini sudah tersedia dan di jual di pasaran. Oleh karena itu, pada saat membeli cat, perhatikan keterangan yang menyatakan produk tersebut di produksi tanpa menggunakan merkuri dan timah hitam.

Produsen cat yang berwawasan lingkungan tidak hanya memperhatikan kualitas produknya, tetapi juga memperhatikan pengelolaan limbah di pabriknya. Alasannya, limbah yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah dapat merusak lingkingan hidup.

4. Cat yang berkualitas terasa lembut dan tidak lengket

Melabur tembok dengan cat merupakan cara furnishing pada dinding yang dari dulu sampai sekarang kini tetap menjadi pilihan utama. Pilihan warna cat yang beraneka ragam menjadi keuntungan yang istimewa. Cat memiliki ratusan bahkan ribuan warna. Setiap pilihan memiliki kesan, efek, dan pengaruh psikologi yang berbeda pada ruang.

Dengan cat, dinding menjadi tampak lebih rapi. Suasananya terlihat bersih. Untuk itulah di perlukan pengetahuan tentang cat yang berkualitas.

5. Tips memilih warna cat yang bisa anda aplikasikan dengan baik :

• Putih adalah salah satu warna netral. Warna netral bisa di kombinasikan dengan warna lainnya. Warna putih terlihat lebih bersih, tapi sebaiknya anda tidak menggunakan warna putih terlalu banyak karna akan terlihat kaku dan dingin

• Abu – abu cukup banyak yang menggunakan warna abu – abu pada setiap bangunan minimalis. Warna ini akan membuat rumah terlihat lebih luas. Tapi, jika terlalu banyak akan terlihat kaku dan seram

• Hitam, warna ini membuat dinding rumah terlihat kokoh, kuat, gagah dan elegan. Namun, jika terlalu banyak akan membuat dinding rumah terlihat seram dengan kondisi yang gelap

• Hijau dan biru, kedua warna ini sangat baik di aplikasikan untuk tempat tinggal anda. Warna hijau yang terlihat seperti alam yang sejuk dan biru dengan warna laut membuat dinding rumah terlihat menarik dan sejuk

• Ungu, warna ini merupakan warna yang nyaman, menyenangkan dan teduh. Selain itu membuat kesan rumah semakin unik.